Kandungan air di dalam tubuh manusia menyesuaikan berat tubuh di angka 50% – 70% dan faktanya setiap orang memerlukan air untuk dapat bekerja optimal. Tentu dengan minum air putih asupan dan kebutuhan tubuh akan terjaga [1].

Semua organ memiliki fungsi yang vital, salah satunya adalah ginjal. Organ ginjal sendiri berfungsi sebagai penyaring kotoran terutama urea dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

Bila kurang minum air putih maka bisa dipastikan ginjal kekurangan asupan dan bekerja tidak optimal. Malas minum air putih juga dapat menimbulkan penyakit kronis seperti cuci darah rutin hingga terbentuknya batu di kandung kemih.

Ginjal sendiri merupakan organ yang terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang rongga perut. Selain fungsinya untuk menyaring zat-zat buangan yang tidak dibutuhkan tubuh, ginjal juga berguna membuang racun dari tubuh [2].

Tahukah kamu? Ginjal setidaknya menyaring 200 liter darah setiap harinya. Dan akan ada sekitar 2 litar darah yang dibuang melalui urin. Tentu fungsi yang penting ini harus diimbangi dengan minum air putih secara rutin.

Apa saja manfaat penting air putih untuk kesehatan ginjal? Lalu, bagaimana tips atau anjuran memilih air putih yang baik untuk kesehatan?

  1. Minum Air Putih di Suhu Normal

Minum di suhu air yang panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan kontraksi kepada tubuh. Ada baiknya ketika minum air putih berada di suhu normal, tidak panas atau dingin.

Suhu yang terlalu panas atau dingin akan berpengaruh kepada tubuh dan dapat merangsang perut. Pemilihan suhu air juga sangat penting apalagi setelah melakukan kegiatan yang berat seperti olahraga atau aktivitas yang mengandalkan otot.

  1. Minum Air Putih Sesuai Jumlah

Rupanya minum air putih perlu perhitungan yang tepat agar tidak terjadi overhidrasi. Selain dapat merusak kinerja organ, zat-zat dan gizi dapat ikut tersaring ke urin melalui ginjal dan kinerja ginjal akan terforsir [3].

Ada baiknya minum air putih 8 gelas sehari atau sekitar 1500 sampai 2500 ml per hari. Interval atau waktu minum juga dibutuhkan agar tidak terjadi overhidrasi di suatu waktu.

Sebisa mungkin minum dijeda dalam 4 pembagian waktu seperti saat Pagi, Siang, Sore, atau Malam. Efek positifnya adalah organ yang tetap terpenuhi dengan jeda waktu yang cukup dekat.

  1. Minum Air Putih Saat Dibutuhkan

Apakah ketika kamu berdiam diri harus terus minum air putih secara berkala? Alangkah baiknya tetap berhati-hati atau menyesuaikan dengan kegiatan yang akan kamu jalani.

Faktanya, tubuh manusia akan lebih sering mengonsumsi air ketika dalam keadaan berolahraga, di lingkungan yang memiliki suhu panas, ibu hamil atau menyusui serta menderita penyakit atau kondisi kesehatan tertentu [4].

Kondisi yang dimaksud adalah kesehatan tergantung dari riwayat penyakit yang kamu idap. Bila muntah, diare, dan demam disarankan untuk minum air putih lebih banyak.

Apalagi untuk kesehatan ginjal dan kamu yang memiliki riwayat batu di saluran kemih sangat dianjurkan untuk minum lebih banyak air untuk mengeluarkan kuman dan batu. Selain itu kinerja ginjal akan lebih optimal dan membantu mengikis potensi munculnya batu di saluran kemih.

  1. Kandungan Air Putih yang Baik

Kesehatan ginjal kamu akan ditopang dengan minum air putih yang teratur. Namun, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kualitas air yang kamu minum. Baik dari segi warna, bau, sumbernya maupun kesehatan yang terdapat di air putih yang kamu minum.

Setidaknya ada beberapa zat yang diperlukan tubuh yang terkandung di air putih. Kandungan seperti Silika, Magnesium, Kalsium, Natrium, Kalium, Zink dan lain sebagainya sangat diperlukan tubuh dengan beberapa manfaat yang menguntungkan [5].

Tentu air putih berkualitas datang dari pegunungan yang memiliki penelitian oleh para ahli geohidrologi dan geologi. Air mineral AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih.

Kualitas air minum AQUA juga memenuhi 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi sehingga aman dan baik untuk tubuh, termasuk ginjal. Pengemasan yang aman tetap menjaga kualitas air pegunungan aman sampai di tangan kamu [6].

Terlebih lagi, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral dari sumber yang terlindungi kepada masyarakat Indonesia.

Karena kesehatan pelanggan merupakan visi AQUA yang sudah terpercaya lebih dari 45 tahun. Jadi, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-putih-untuk-ginjal-dan-tubuh-yang-sehat/
  2. https://intisari.grid.id/read/0381839/manfaat-air-putih-bagi-kesehatan-ginjal
  3. https://www.halodoc.com/minum-air-putih-berlebihan-apa-bahaya-overhidrasi
  4. https://www.alodokter.com/jangan-sok-tahu-jika-belum-paham-terapi-air-putih
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/
  6. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/