Laptop gaming merupakan salah satu tipe laptop yang saat ini makin banyak diminati oleh para masyarakat terutama para gamers. Sayangnya harga laptop gaming yang sangat mahal menyebabkan banyak orang yang akhirnya urung untuk membelinya, Namun ternyata, ada juga solusi lain yang bisa ditempuh untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas dengan harga yang lebih murah yaitu dengan membeli barang second.

Saat ini ada banyak sekali penjual laptop gaming second yang menawarkan harga jual yang lebih murah dibandingkan dengan harga baru namun tetap menghadirkan kualitas laptop yang baik. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua penjual laptop second menghadirkan produk berkualitas. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membeli laptop second, maka anda harus mempertimbangkan beberapa aspek terlebih dahulu.

Tips Membeli Laptop Gaming yang Murah

Untuk bisa mendapatkan laptop berkualitas dengan harga jual laptop gaming yang terjangkau, maka setidaknya ada tiga kategori pokok yang haus diperhatikan dengan seksama sebelum membelinya. Beberapa kategori tersebut antara lain fitur pendukung, pilihan opsi upgrade, dan juga fungsionalitas. Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasannya

  1. Adanya Penawaran Upgrade Perangkat

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop gaming second, maka Anda harus mencari tahu dulu penawaran opsi upgrade yang dimiliki oleh laptop tersebut. Anda bisa mencari tahu langsung dari website brand dan melihat seri laptop second yang diincar apakah menghadirkan opsi upgrade atau tidak.

Beberapa komponen laptop yang umumnya bisa diupgrade antara lain SSD, HDD, dan juga RAM. Semakin banyak komponen laptop tentu akan semakin menguntungkan bagi Anda karena jika ada pembaharuan pada laptop di pasaran, Anda hanya tinggal mengupgrade komponen yang telah dimiliki oleh laptop sebelumnya.

  1. Lihat Kondisi Komponen Laptop

Hal lain yang harus diperhatikan ketika akan membeli sebuah laptop gaming second adalah dengan melihat kondisi komponen laptop. Agar tidak kecewa setelah melakukan pembelian, maka Anda jangan langsung tergiur dengan harga jual laptop gaming yang sangat murah.

Agar aman, perhatikan dulu berbagai kondisi komponen laptop yang dihadirkan apakah masih layak pakai atau tidak. Beberapa komponen yang harus diperhatikan antara lain kondisi engsel, layar, keyboard serta perangkat hardware lainnya. Jika ternyata kondisinya tidak sesuai dengan yang diinginkan, maka Anda tinggal melalukan penawaran ulang dengan pihak penjual.

  1. Cek Keseluruhan Fungsionalitasnya

Selain memeriksa kondisi hardware, software atau fungsionalitas laptop juga harus dicek secara keseluruhan untuk memastikan apakah laptop tersebut layak dibeli atau tidak. Untuk semakin mempermudah, Anda bisa melakukan pengecekan secara berurut dan persiapkan software pengujiannya. Beberapa software yang harus diuji antara lain processor, memori, sistem pendingin, sistem penyimpanan, layar, baterai, dan juga konektivitas.

Untuk menguji memori laptop, maka Anda bisa menggunakan AIDA64. Hindari pembelian laptop yang sudah terserang blue screen. Sedangkan untuk melihat kualitas kapasitas penyimpanan HDD, bisa diketahui dengan mudah dari bunyi yang dihasilkan. Anda juga bisa menggunakan software CrystalDiskMark untuk mengecek kualitas HDD.

Sedangkan untuk menguji layar monitor, hal-hal yang harus diuji antara lain tes kecerahan, kemungkinan flickering serta ada tidaknya dead pixel pada layar.

Ketika harga jual laptop gaming yang terlalu mahal menjadi kendala, maka membeli laptop second bisa menjadi pilihannya. Selain itu, untuk mendapatkan laptop gaming dengan harga yang lebih murah, Anda juga bisa mengunjungi website JD.ID. Selain menawarkan beragam voucher dan potongan harga, pembayarannya juga sangat mudah karena bisa dilakukan dengan beragam metode pembayaran.