Kopi sudah sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Bukan hanya kalangan orang tua, namun anak muda juga kian menggemari minuman yang satu ini. Buktinya di Indonesia sudah banyak sekali kafe yang menjadi tempat tongkrongan kaum milenial. Namun, tahukah Kamu bahwa ada banyak sekali kopi khas Indonesia dengan rasa yang enak? Berikut adalah urutan kopi terenak di Indonesia yang patut Kamu coba.

Urutan Kopi Terenak di Indonesia

  1. Kopi luwak

Kopi luwak jelas menjadi kopi yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan juga termasuk kopi termahal. Hal ini dikarenakan oleh rumitnya proses panennya. Petani kopi ini harus menunggu luwak untuk memakan biji kopinya. Selanjutnya, mereka mulai memburu kotoran dari luwak yang memakan kopi tersebut. Setelah mendapatkannya, kotoran dibersihkan untuk mendapatkan biji kopi yang bersih yang kemudian akan ditumbuk dan diseduh dengan air panas.

Lantas, kenapa petani kopi harus membiarkan luwak memakan biji kopi terlebih dahulu? Alasannya adalah karena luwak memiliki insting yang baik untuk mendeteksi biji kopi yang berkualitas tinggi dan memiliki kematangan sempurna. Jadi, kopi yang dimakan oleh luwak sudah terjamin akan kualitasnya. Proses fermentasi yang terjadi pada organ pencernaan luwak juga mirip dengan fermentasi kopi yang membutuhkan waktu hingga 8 tahun.

Mengenai rasa yang dihasilkan tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena terbuat dari biji kopi yang terjamin kualitasnya, rasa dari kopi ini sungguh nikmat untuk diseduh berbagai kalangan.

  1. Kopi Toraja

Kopi Toraja berasal dari tanah Sulawesi. Rasanya yang sedikit memiliki akses rasa tanah adalah ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kopi yang lainnya. Hal ini dikarenakan keadaan tanah di daerah Toraja yang begitu khas. Selain ada sentuhan rasa tanah, kopi Toraja juga mempunyai sentuhan rasa kacang dan cokelat karena pada proses sangrai dicampur dengan bahan tersebut.

Yang sedikit membanggakan dari kopi Toraja adalah karena rasanya yang enak membuat para pecinta kopi di seluruh dunia terpikat. Amerika dan Jepang adalah beberapa contoh dari negara yang memiliki banyak penggemar kopi Toraja ini.

  1. Kopi Gayo

Selanjutnya adalah kopi Gayo. Kopi yang berasal dari daerah Sumatra ini memiliki karakter dengan tekstur encer dan tingkat keasamannya yang cukup seimbang. Hal ini membuatnya bisa dinikmati oleh sebagian besar pecinta kopi, terutama kopi asam. Menariknya, masyarakat di Aceh memiliki cara unik untuk menyajikan kopi ini, yakni dengan merebus kopi dan air yang selanjutnya dituangkan ke dalam gelas yang berisi gula dan susu.

  1. Kopi Mandailing

Pada awalnya, kopi ini dibawa oleh Belanda pada tahun 1699 dan ditanam di daerah Sumatra, yakni Mandailing Natal, Pakantan, Sumatra Utara. Rasa dan aroma yang sangat khas dan kuat membuat kopi ini digemari oleh banyak orang. Selain itu, karena hanya ditanam di daerah Mandailing saja, kopi ini menjadi begitu spesial.

  1. Kopi Flores

Ketika melihat kata “Flores”, pasti yang terbayang adalah keindahan alam dan pemandangannya yang luar biasa. Namun, siapa sangka selain mempunyai pemandangan alam yang indah, Flores juga mempunyai kopi yang sangat enak. Dengan bantuan abu vulkanik, kopi ini bisa tumbuh dengan subur. Karakter yang sangat khas dari kopi Flores adalah adanya aroma buah dan juga tembakau yang membuatnya terkesan unik.

  1. Kopi Lanang

Kata “lanang” adalah salah satu kata dari bahasa Jawa yang berarti laki-laki. Jadi, alasan kenapa kopi ini diberi nama kopi lanang adalah karena khasiatnya yang sangat luar biasa bagi para kaum laki-laki. Ciri dari kopi ini adalah berbentuk bulat dan tidak ada belahan pada bagian tengah biji layaknya jenis biji kopi yang lainnya.

  1. Kopi Wamena

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari daerah Pegunungan Wamena. Aroma yang ringan namun tetap harum adalah ciri khasnya. Karakter ini tercipta karena petani kopi Wamena menggunakan bahan organik ketika menanam kopi. Kopi Wamena juga tidak meninggalkan ampas serta tidak memberikan rasa asam pada lidah.

Apakah Kamu sependapat dengan kopi-kopi terenak di Indonesia di atas? Atau mungkin Kamu mempunyai rekomendasi kopi yang lain? Yang jelas, Indonesia memang sangat kaya akan hasil buminya, salah satunya adalah kopi, dan semua ini wajib disyukuri dan dilestarikan. Jangan lupa kunjungi superadventure.co.id untuk dapatkan informasi lengkap tentang kopi. Baca juga informasi lainnya seperti Cara Pintar Menghindari Penyakit Kista.