Tips Merawat Trafo Secara Rutin dan Berkala

  • Whatsapp
Tips Merawat Trafo Secara Rutin dan Berkala

Bagi perusahaan industri yang menggunakan genset sebagai tambahan aliran listrik sering kali merasa kebingungan untuk merawat trafo listrik sekalipun cara yang digunakan sangat mudah. Beberapa jasa perawatan trafo merawat trafo listrik dengan cara yang mudah dan tidak begitu sulit. Trafo merupakan alat yang digunakan untuk menampung arus listrik dan kemudian dialiri arus listrik dan akan diteruskan pada beban penerima listrik.

Hal ini merupakan fungsi dari trafo yakni untuk melakukan pengaturan pada arus listrik dan dalam penggunaannya dapat lebih hemat dan juga efisien. Berikut ini merupakan tips dalam merawat trafo listrik yang penting untuk diketahui dan dilakukan:

  • Kondisi tangki trafo perlu diperhatikan karena dibutuhkan untuk pengecatan ulang.
  • Dilakukan pemeriksaan atas kualitas oli trafo. Oli trafo harus dapat menahan tegangan sebesar 30kV/2.5 mm selama 1 menit, sesuai standard IEC. Kemudian pengukuran tegangan yang tembus minyak dapat dilakukan hanya dengan peralatan seperti oli dielectric strength tester.
  • Untuk menjaga trafo dapat tetap beroperasi secara baik dan effisien, secara rutin pemeriksaan wajib diadakan. Terutama dalam perihal yang berkaitan dengan suhu pemeriksaan oli trafo yang sebaiknya harus diperiksa, khususnya jika trafo dapat beroperasi dengan beban penuh.
  • Tingginya permukaan oli harus dipastikan sesuai pada levelnya.
  • Oli trafo yang ada harus diperiksa secara berkala dan bergantung pada kondisi operasi trafo. Selain itu, periksalah tegangan tembus oli serta keadaan oli yang memang harus sudah di filter.
  • Jika Silica Gel telah berubah warna, harus segera diganti atau diaktifkan kembali. Disamping itu, frekuensi dalam pemeriksaan ini seharusnya disesuaikan untuk pengalaman, dan juga kepada beban serta kondisi lainnya.

Jasa perawatan trafo biasanya akan melakukan perawatan demikian untuk kinerja trafo yang baik dan juga perawatan ini dapat dilakukan lakukan dengan rutin. Bagi Anda yang sedang mencari jasa perawatan tersebut, Anda dapat menggunakan jasa Sewatama. Anda dapat mengunjungi website Sewatama untuk mengetahui berbagai informasi seputar jasa penyewaan yang disediakan.

Related posts