Pengertian Domain, Cara Kerja dan Jenis-jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Domain

Bicara mengenai dasar pembuatan halaman website, nyatanya masih ada banyak orang yang kurang paham mengenai apa itu domain? Padahal, di era yang serba digital ini kegunaan domain sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Selain memudahkan Anda dalam mengakses informasi atau konten yang ada dalam sebuah website. Kegunaan utama dari domain adalah sebagai marking yang berguna untuk membuat citra perusahaan lebih populer bagi konsumen dan calon konsumen.

Jadi, ketika Anda memulai untuk membuat sebuah bisnis, tidak ada salahnya untuk membuat website dengan nama domain menggunakan nama bisnis Anda.

Apa itu Domain?

Secara umum, domain merupakan nama yang untuk untuk mengidentifikasikan server yang ada pada sebuah jaringan komputer atau internet. Jika diperumpamakan pada sebuah kamus dalam bahasa general, domain itu seperti petak tanah, sedangkan halaman website adalah rumah atau bangunan yang ada di atas petak tersebut.

Pada sebuah halaman website, fungsi domain sangatlah penting. Sebab, akan memudahkan pengunjung yang sedang mengakses halaman website Anda. Sebenarnya, tanpa adanya domain, halaman website masih bisa untuk diakses, namun pengunjung harus mencari tahu terlebih dahulu IP addres halaman website Anda.

Bagaimana Cara Kerja Domain?

Nama domain itu seperti shortcut yang membuat pengunjung bisa mengakses halaman website yang Anda miliki. Walaupun bisa diakses menggunakan IP addres, nyatanya, untuk menghafal IP addres ini lebih sulit jika dibandingkan menghafal nama website beserta domain yang digunakan.

Contoh mudahnya, rumahhosting.com adalah nama domain yang Anda gunakan, sedangkan IP address-nya adalah 100.90.80.70. IP addres memang akan mengarahkan Anda ke halaman server, akan tetapi jika menggunakan IP addres, Anda tidak bisa menggunakan resolve website.

Selain itu, domain juga bisa digunakan untuk pengalihan atau redirect, yang akan memudahkan Anda dalam menentukan apakah pengunjung akan secara otomatis dialihkan ke halaman website yang Anda buat atau dialihkan ke halaman website lain. Metode ini sangat cocok untuk mengalihkan ke halaman landing dedicated pada halaman website Anda.

Jenis-jenis Domain

Nama domain tidak selamanya mengikuti aturan atau formula yang serupa. Walaupun domain (.com) adalah nama yang saat ini paling banyak digunakan, tercatat lebih dari  46.5 persen halaman website di seluruh dunia menggunakan nama domain tersebut.

Selain nama itu, masih ada nama domain lainnya yang juga umum digunakan, seperti (.net) dan juga (.org). Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis domain yang sering digunakan:

  1. Top Level Domains (TLD)

Seperti namanya, tipe ini adalah nama yang paling umum digunakan. ada banyak sekali TLD yang bisa Anda pilih, tetapi yang paling sering digunakan adalah (.com), (.org), (.net), dan juga (.edu). Daftar TLD resmi dikelola oleh organisasi yang disebut Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

  1. Country Code Top Level Domains (ccTLD)

ccTLD merupakan nama domain yang terdiri dari dua huruf dan biasanya dibuat berdasarkan kode negara internasional contohnya saja (.us) untuk nama domain United States dan juga (.id) untuk nama domain Indonesia.

Umumnya ccTLD digunakan sebagai dedicated dari situs area tertentu yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Nama domain-domain tersebut sebagai pertanda kalau halaman website tersebut berada di wilayah atau negara yang menjadi target pasar perusahaan tersebut.

  1. Generic Top Level Domain (gTLD)

Pada mulanya, gTLD merupakan TLD yang tidak diselipkan dengan kode negara. Umumnya, gTLD digunakan untuk halaman website yang lebih spesifik, contohnya (.gov) untuk halaman website institusi pemerintahan.

Sampai di sini, Anda sudah memahami bahwa Anda tidak perlu memenuhi syarat tertentu untuk register gTLD. Sebagai contoh domain adalah (.com) tidak selamanya ditujukan untuk halaman website umum.

  1. Nama Domain Lain

Selain ketiga nama domain yang biasa digunakan, sebenarnya ada variasi lain yang bisa Anda gunakan. Pertama, Second Level Domain. Mungkin, Anda sudah tidak asing dengan nama domain yang satu ini.

Contoh dari dari second level domain adalah (.co.id) yang biasa digunakan oleh perusahaan di negara Indonesia, adanya juga (.gov.id) yang digunakan oleh institusi pemerintahan di Indonesia.

Kedua, Subdomain. Menggunakan subdomain merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman website campaign dan sejenisnya. Salah satu contoh penggunaan subdomain adalah (support.google.com).

Seperti itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai domain. Dengan mengetahui hal di atas akan memudahkan Anda untuk menentukan nama domain yang sesuai dengan perusahaan Anda. Jika kebetulan Anda ingin membuat halaman website perusahaan, Anda bisa menggunakan jasa Rumahhosting yang menyediakan  layanan web hosting dan tempat beli domain terpercaya di Indonesia.

Related posts