Mengenal Mobil BMW dari Masa ke Masa

  • Whatsapp
BMW Seri 3

Sangat berkelas, mewah, dan juga sporty ialah ciri utama yang ditampilkan oleh BMW Seri 3 yakni sejak pertama kali diproduksi pada 1975 lalu. Bukan hanya itu, karena dikenal sebagai mobil legendaris dunia, BMW Seri 3 juga punya sejarah panjang berkat keunggulan pada teknologi yang diterapkan pada bagian mesinnya.

Hal ini juga bermula dari mesinnya yang hanya 4 silinder yang sederhana sampai pada 2008 BMW juga telah melengkapi jajaran Seri 3 ini dengan teknologi EfficientDynamics dan sampai saat ini terus berkembang.

Mobil BMW Seri 3 juga telah mempunyai jajaran yang lengkap, yakni mulai dari hatchback, sedan, coupe, station wagon, convertible, sampai M Sport. Dan berikut ini adalah perjalanan panjang dari BMW Seri 3 dari masa ke masa.

Sejarah Lahirnya BMW Seri 3

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa BMW Seri 3 pertama kali lahir pada tahun 1975 lalu sebagai mobil jenis E21, yakni sedan dua pintu dengan mesin bensin empat silinder yang berkapasitas 1.6L.

Untuk informasi saja, huruf E pada BMW Seri 3 ini merupakan kode yang berasal dari awalan kata entwicklung yang berasal dari bahasa Jerman yang punya arti pengembangan.

Sehingga tidak heran jika dua tahun kemudian, yakni tepatnya pada tahun 1977, maka BMW Seri 3 juga dikenalkan dengan mesin baru, yakni sebuah mesin enam silinder yang berkapasitas 2.0L.

Kemudian pada tahun yang sama BMW juga kemudian mengenalkan teknologi injeksi pada mesinnya. Pada E21 ini yang mengaspal mulai 1975 sampai dengan 1983 dengan varian BMW 320/6, BMW 320i, BMW 315, BMW 316, BMW 318, BMW 318i, BMW 320, dan BMW 323i.

Untuk model awal mobil BMW Seri 3 ini yang berjenis sedan kompak dengan dua pintu dan ada juga varian convertible yang pada atapnya bisa dibuka. Pada bagian mukanya juga mudah dikenali dengan Kidney Grille BMW dengan ukuran besar yang sangat khas dan sepasang lampu utama yang membulat.

Pada varian BMW 320 ke atas, maka BMW juga mengenalkan tampilan baru yakni menggunakan dua pasang lampu bulat didepannya. Di masanya itu, BMW 320i, untuk seri injeksi mesin empat silinder dari BMW 320, juga dikenal sebagai sedan yang mempunyai tenaga yang besar, yakni sebesar 125 daya kuda.

Related posts