Nasi tumpeng? Siapa sih yang tidak kenal dengan nasi tumpeng? Makanan yang sering kali di sajikan dalam acara syukuran khitanan, ulang tahun, dan juga pada acara loncing pembukaan sebuah perusahaan, nasi tumpeng ikut hadir untuk memeriahkan acara tersebut. Nasi tumpeng hadir dalam berbagai macam bentuk, ada yang berwarna kuning, dan ada juga yang berwarna putih, semua nasi tumpeng tersebut memiliki rasa nikmat yang khas, dan pastinya akan membaut Anda ketagihan. Untuk kalian yang ingin mengadakan syukuran dan ingin menghadirkan nasi tumpeng, kalian cukup pesan nasi tumpeng di website atau toko tumpeng online.

Pengertian nasi tumpeng

Nasi tumpeng, nasi tumpeng adalah nasi khas Jawa yang di sajikan dengan bentuk kerucut yang di tata bersama dengan lauk pauknya, oleh karena itu nasi ini di kenal dengan nasi tumpeng, biasanya yang sering disajikan untuk nasi tumpeng ini adalah nasi tumpeng kuning, tapi tak jarang juga ada yang menyajikannya dengan nasi putih, dan biasanya di sajikan di atas tampah yang beralaskan daun pisang.

Sejarah singkat nasi tumpeng

Nasi tumpeng pada awalnya di buat untuk merayakan suatu peristiwa penting dan bersejarah, misalnya seperti syukuran atas lahirnya seorang anak atau juga acara lainnya, meskipun nasi ini adalah nasi khas Jawa, tapi nasi ini kini telah di kenal banyak orang dan bahkan hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengenal nasi ini.

Nah berikut ini adalah beberapa macam nasi tumpeng yang perlu Anda cicipi, di antanya:

  1. Nasi tumpeng Tujuh Bulan, nama tujuh bulan ini berasal karena nasi dalam bentuk ini sering di gunakan dalam acara syukuran masyarakat Jawa contohnya yaitu acara syukuran tujuh bulan kandungan serang istri, tumpeng ini berbentuk kerucut, makna dalam tumpeng ini yaitu penghormatan kepada Tuhan dan di harapkan Tuhan memberikan kebaikan kepada ibu dan kandungannya.
  2. Nasi tumpeng pungkur, nasi tumpeng ini merupakan nasi yang di mengerucut kemudian di belah menjadi dua bagian, kemudian di letakan dengan posisi yang bertolak belakang seperti ungkur-ungkuran, makna dari nasi tumpeng ini adalah perpisahan dengan orang yang telah meninggal dunia dan di harapkan Tuhan memberikan keselamatan dan terbebas dari pengaruh jahat atau di sebut dengan tolak bala.
  3. Nasi tumpeng seremonial, nasi tumpeng jenis ini adalah salah satu nasi tumpeng yang di bentuk dan di modifikasi ke dalam bentuk yang lebih modern dan flexibel, tumpeng ini tidak memiliki makna filosofis yang terkandung di dalamnya, tumpeng ini hanya di jadikan pemeriah acara dengan desain yang kekinian, biasanya di sajikan pada ulang tahun anak dan lain sebagainya.
  4. Nasi tumpeng robyong, nasi tumpeng yang di sajikan dengan nasi putih, di hiasi dengan janur kelapa yang indah, nasi ini di sajikan dalam wadah bakul nasi beralaskan daun pisang.
  5. Nasi tumpeng variasi, adalah nasi tumpeng yang di sajikan dalam dua merek nasi yaitu nasi putih dan juga nasi kuning, bentuknya mengerucut zigzag seperti kue ulang tahun, nasi ini biasanya di sajikan dengan lauk yang lengkap, sehingga nasi ini banyak di minati oleh banyak masyarakat.

Itulah pengertian dan sejarah dan juga beberapa macam nasi tumpeng perlu Anda coba dan cicipi, semoga Anda bisa menikmati nasi semua jenis nasi tumpeng, dan jangan lupa untuk Anda yang ingin memeriahkan acara acara Anda pesan nasi tupengnya sekarang.