Isotonik, Minuman Sehat yang Membantu Olahraga Lebih Efektif

  • Whatsapp
Isotonik Minuman Sehat

Kita semua tahu bahwa olahraga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari membantu untuk menurunkan berat badan, mencegah terjadinya penyakit, menjaga kesehatan jantung hingga kebugaran secara keseluruhan.

Tetapi pada saat yang bersamaan, olahraga juga membuat tubuh kamu mengeluarkan banyak keringat dan mengeluarkan banyak cairan. Meskipun berkeringat itu baik, hal ini juga dapat membuat kita menjadi dehidrasi apabila cairan pada tubuh yang keluar, tidak diganti.

Salah satu cara yang baik untuk mengganti cairan pada tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman sehat seperti yang mengandung isotonik, apalagi jika kamu cukup aktif dalam berolahraga.

Mengkonsumsi minuman, seperti yang mengandung isotonik, dapat menjadi bagian penting jika kamu aktif berolahraga, karena membuat kamu tetap terhidrasi selama olahraga atau aktivitas fisik lainnya yang berat.

Minuman isotonik umumnya disebut pembangkit tenaga nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh kamu setelah berolahraga. Mengandung konsentrasi tinggi karbohidrat dan muncul dari sumber seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, minuman isotonik adalah perpaduan sempurna antara air, karbohidrat, dan elektrolit.

Bahkan menurut US National Library of Medicine, National Institute of Health, minuman isotonik mengandung elektrolit dan karbohidrat sebesar 6 – 8 persen. Dengan kandungan sebesar ini, minuman isotonik dianggap sangat efektif untuk membuat tubuh bertenaga. (1)

Itulah sebabnya minuman isotonik kerap menjadi pilihan terbaik pada saat berolahraga dan banyak dikonsumsi oleh para atlet.

Selain itu, minuman isotonik juga mudah dan cepat diserap tubuh karena dapat menggantikan cairan tubuh yang keluar melalui keringat dengan cepat.

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa sebagai minuman sehat, Isotonik punya berbagai manfaat bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang cukup aktif untuk olahraga. Nah, kira-kira apa saja ya manfaat minuman sehat ini untuk berolahraga? Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Sumber glukosa yang baik

Disebut sebagai keajaiban bagi para atlet, minuman isotonik memiliki kandungan glikogen yang kaya karbohidrat.

Glikogen karbohidrat diubah menjadi glukosa dan akhirnya disimpan di otot kamu. Karbohidrat tubuh kamu akan habis dengan kecepatan tiga hingga empat gram per menit saat kamu melakukan olahraga berat dan menghabiskan pasokan bahan bakar tubuh kamu dalam waktu sekitar 2 jam.

  • Meningkatkan hidrasi

Mengkonsumsi air selama aktivitas fisik apapun secara alami masuk akal bagi kamu, tetapi itu dapat menyebabkan kembung dan juga tidak mengandung elektrolit atau karbohidrat yang diperlukan.

Oleh karena itu, minuman isotonik adalah cara yang lebih aman dan efektif untuk meningkatkan hidrasi kamu, dengan tingkat karbohidrat yang lebih tinggi yang memperlambat pengosongan perut yang berarti mendorong retensi cairan dan menghilangkan keinginan untuk buang air kecil.

  • Asupan elektrolit yang melimpah

Terlepas dari semua manfaatnya, kekayaan elektrolit inilah yang menjadikan minuman isotonik yang harus dimiliki penting untuk latihan. Minuman isotonik adalah mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh manusia.

Perbandingan minuman isotonik, air mineral rendah natrium, dan minuman berkafein dilakukan pada tahun 1998 di Jurnal Kedokteran Olahraga Internasional Belkamu di mana minuman ini diberikan kepada pengendara sepeda untuk menguji efeknya.

Pengendara sepeda yang diberi minuman isotonik mempertahankan lebih banyak kalsium, natrium, dan magnesium dalam tubuh mereka yang berarti, keringat dan kehilangan kencing yang terjadi selama latihan atau latihan fisik apa pun dapat dikompensasikan.

  • Meningkatkan Daya Tahan

Peneliti di University of Edinburgh mengukur efek minuman olahraga isotonik pada atlet muda selama olahraga yang mengonsumsi minuman tersebut sebelum dan selama pertandingan.

Hasilnya, yang diterbitkan dalam “European Journal of Applied Physiology” pada tahun 1990, menemukan bahwa hidrasi isotonik memungkinkan atlet untuk melanjutkan aktivitas stop intensitas tinggi hingga 24 persen lebih lama yang meminum larutan plasebo.

Jadi itulah tadi berbagai manfaat dari minuman isotonik, terutama bagi kamu semua yang cukup aktif dalam berolahraga.

Agar lebih efektif dan sehat saat mengkonsumsi minuman isotonik untuk menjalankan berbagai macam jenis olahraga, ada beberapa tips juga yang bisa kamu terapkan, lho!

Seperti misalnya, sebelum kamu memulai olahraga ringan, seperti berjalan, berlari, maupun bersepeda, sebaiknya minum sekitar dua gelas saat dua jam sebelum memulai olahraga. Hal itu memastikan agar kamu tetap terhidrasi dengan baik saat olahraga nanti.

Kemudian selama beraktivitas atau berolahraga, kamu bisa minum setiap 15-20 menit untuk menjaga otot terhidrasi dengan baik. Jika kamu merencanakan berjalan-jalan atau berolahraga di gym, kamu bisa persiapkan botol air sekitar 600 ml untuk memenuhi kecukupan cairan sampai kamu setelah berolahraga.

Nah, agar asupan elektrolit mu selalu terpenuhi, pastikan untuk selalu minum Mizone! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Dengan kadar elektrolit yang terpenuhi, kamu nggak cuma punya badan yang sehat, tapi juga fit dan lebih bersemangat dalam jalanin berbagai aktivitas.

Apalagi di zaman pandemi gini yang membuat kamu harus lebih berhati-hati dengan tingkat kesehatanmu. Dengan minum Mizone, kamu bakal jadi lebih terbantu deh untuk jaga kesehatan tubuh selalu oke!

Source:

  1. https://www.halodoc.com/artikel/fakta-di-balik-minuman-isotonik

Related posts