Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan IoT

  • Whatsapp
Inilah Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan IoT

Bisa kita lihat bahwa untuk saat ini para pelaku industri memang sedang menghadapi masalah yang cukup serius. Tidak lain dan tidak bukan karena dampak dari adanya pandemi corona yang semakin buruk keadaannya. Karena pandemi ini tidak hanya berdampak pada salah satu negara saja. Bahkan hampir separuh negara yang ada di dunia ini ikut merasakan betapa beratnya kehidupan manusia di tengah pandemi corona. untuk itu, para pemilik usaha saat ini memang sedang menghadapi tantangan yang lebih lanjut. Karena apa? Saat ini sudah ada yang namanya IoT atau internet of things yang kabarnya akan membuat kinerja perusahaan lebih bagus. Penasaran dengan bagaimana kinerja perusahaan yang menggunakan IoT untuk industri? Kita akan bahas lebih dalam.

Jadi dalam bidang industri IoT ini memang ada banyak sekali manfaatnya. Sebagai contohnya adalah dapat digunakan sebagai salah satu bentuk alat yang bisa digunakan untuk mengendalikan dan melakukan pemantauan seputar jalanya suatu bisnis meski berada pada lokasi yang sangat terpencil sekalipun. Menurut beberapa laporan yang telah berhasil dikumpulkan, menyebutkan bahwa perusahaan yang menggunakan IoT untuk kelangsungan industri mereka memang memanfaatkan berbagai macam hal. Seperti contohnya yakni sensor, remote, dasbor, analitik, jaringan gateway dan masih banyak lagi. Ada berbagai macam manfaat utama yang bisa di dapatkan oleh para perusahaan atau industri yang menggunakan IoT. Apa saja? Berikut ini penjelasannya:

  • Downtime

Jadi untuk manfaat yang pertama bagi perusahaan yang menggunakan IoT dalam bidang industri adalah downtime. Lalu apa sebenarnya downtime itu? Jadi nanti dengan memanfaatkan teknologi IoT maka bisa digunakan untuk melakukan identifikasi potensi masalah yang mungkin sebelumnya telah terjadi. Jadi IoT sendiri dipercaya bisa digunakan untuk meminimalkan dan bahkan bisa dikatakan juga bisa menghilangkan downtime. Dan yang lebih utama adalah hal-hal yang berpengaruh terhadap kualitas produk itu sendiri. Disisi lain juga untuk meminimalisir biaya penggantian mesin yang sangat tinggi.

  • Failure rates

Mungkin bagi orang yang bukan atau tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang industri tidak akan paham dengan apa itu failure rates. Jadi nantinya tidak ada efisiensi produksi yang berlaku secara sepadan. Yakni bila nantinya produk yang diproduksi gagal dan dengan sangat terpaksa harus ditarik kembali, maka dengan menggunakan teknologi IoT tersebut nantinya tim yang bekerja dan bergerak dalam hal ini akan mampu untuk melakukan fokus tentang bagaimana caranya mengenali potensi masalah yang akan timbul sebelum terjadinya kerusakan mesin dan akan berpengaruh pada hasil akhir produk.

  • Intrusiveness

Yakni merupakan salah satu bentuk tindakan untuk pemeliharaan atau tindakan pencegahan secara preventif. Pemeliharaan preventif ini dilakukan pada pembongkaran dan juga pemasangan mesin ulang. Dan nantinya hal ini juga dipercaya bisa memperlemah kinerja sistem. Tidak hanya itu saja, namun juga bisa meningkatkan potensi gangguan. Jadi dengan menggunakan IoT hal ini bisa dicegah. Karena IoT sudah memfasilitasi pemeliharaan secara prediktif tanpa mempengaruhi kinerja dari sistem yang digunakan.

Setelah adanya beberapa penjelasan yang sangat detail di atas, jika memang Anda adalah pelaku industri dan kebetulan juga memiliki perusahaan, maka di tengah pandemi corona seperti saat ini, dengan memanfaatkan teknologi IoT tersebut memang akan sangat membantu Anda untuk tetap bisa produktif dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalankan. Meskipun memang di luar pandemi IoT juga akan memberikan kinerja dan manfaat yang sangat luar biasa bagi para penggunanya.

Related posts