Kesehatan menjadi pembahasan yang selalu menyenangkan untuk dibicarakan. Sehat bukan hanya mengenai bagaimana setiap orang harus berkontribusi dalam menjaga fisik. Namun, juga melibatkan peran psikis dalam menjalankan setiap kegiatan dengan sebaik mungkin. Poin yang kemudian menjadi salah satu perbincangan ialah perilaku manusia di era sekarang yang kian melemah dalam mengolah fisik secara baik. Padahal disisi bersamaan setiap dari Anda harus berperang dengan perubahan pola hidup. Perubahan tersebut tidak bisa cegah. Sehingga langkah paling tepat ialah lakukan pengontrolan terhadap apa yang harus di konsumsi. Apalagi untuk ibu menyusui. Tidak ada salahnya jika sesekali Anda melakukan konsultasi dengan dokter konselor laktasi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberi dampak luar biasa untuk beragam bidang. Bukan hanya bidang teknologi tetapi efek positif tersebut sudah melebar menuju bidang pendidikan, kesehatan, sekaligus bidang lain. Sayangnya dari sekian banyak dampak positif terdapat kelemahan yang ditimbulkan. Dari segi kesehatan bisa diambil contoh penyakit yang kian mudah menyerang. Kondisi tersebut tentu disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, dikutip dari beberapa sumber menyatakan bahwa pertumbuhan penyakit salah satunya karena sistem imun pada manusia yang kian melemah.

Tidak menutup kemungkinan ketika kemudian kasus menyatakan anak usia muda terserang diabetes, kanker, dan resiko kesehatan lain. Pertanyaan yang kemudian muncul kenapa sistem kekebalan tubuh manusia mengalami penurunan secara drastis? Jawabannya tidak lain karena pola hidup mengalami perubahan. Dimana sekarang tidak ada keseimbangan badan. Mereka terlena akan segala penawaran yang berbau cepat saji. Mulai dari makanan sampai minuman. Kegiatan itu masih diperparah dengan kegemaran duduk berjam-jam di depan komputer.

Mereka membuat pekerjaan sebagai alasan untuk tidak berolah raga. Padahal jika dilihat lebih dalam ialah Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk olah fisik. Baik digunakan berlari maupun berjalan santai. Berikutnya ialah mengenai pola pikir yang juga berpengaruh besar dalam mempertahankan sistem imun. Sehingga tidak ada salahnya ketika seseorang meluangkan waktu sendiri bersama dirinya sendiri. Setelah semua elemen di atas seimbang barulah Anda dikatakan sehat secara sempurna.

Poin ini kain penting ketika dihubungkan dengan ibu hamil maupun menyusui. Kebutuhan sehat semakin sangat krusial karena Anda harus memberikan nutrisi yang terbaik pada anak. Pola hidup yang benar secara otomatis berpengaruh baik untuk produksi ASI. Bahkan untuk Anda yang belum terlalu paham. Bisa mengambil konsultasi dengan dokter spesialis. Tugas lain yang juga cukup penting ialah jangan asal memilih konsultasi laktasi. Berikut ini beberapa hal penunjang yang harus diperhatikan:

  1. Memiliki sertifikat khusus. Dokter yang mempunyai sertifikasi pelatihan laktasi berstandar internasional. Bisa dipastikan dibekali akan kemampuan mumpuni.
  2. Lakukan tanya jawab terhadap para pasien yang sudah menggunakannya terlebih dahulu. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengukur senyaman apa dokter berkomunikasi dengan setiap pasiennya.
  3. Dokter yang berkualitas mempunyai rasa menghargai terhadap pasien. Mereka memberikan saran tanpa harus menghakiminya. Sebab mereka mendapat pelatihan mengenai poin tersebut.

Memberikan edukasi secara ringkas serta mudah dipahami juga menjadi kode yang harus dimiliki oleh konsultan laktasi. Dokter konselor laktasi menjadi salah satu alternatif paling tepat agar Anda tetap fokus memberikan nutrisi pada anak. Selain itu pasien mampu mendapatkan pelajaran mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan. Sudah sewajarnya kesehatan dirawat. Anda mempunyai kendali atas kesehatan itu sendiri.