Indeks Masa Tubuh

  • Whatsapp
Indeks Masa Tubuh

Indeks massa tubuh sering pula disebut dengan istilah indeks quetelet. Istilah ini juga sering diucapkan dengan istilah lainnya yaitu Body Mass Index atau yang biasa disingkat BMI. Pada dasarnya istilah ini mengacu pada suatu cara yang diperlukan untuk bisa menilai apakah berat badan seseorang tergolong ke dalam golongan sehat ataukah tidak. Jadi BMI ini bisa disebuat juga sebagai metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa sajakah yang masuk ke dalam golongan berat badan sehat atau berat badan tidak sehat. Dengan kata lain BMI ini dilakukan dengan cara membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda.

Menghitung Indeks Massa Tubuh

  1. Menggunakan rumus BMI

Anda bisa mengetahui IMT atau BMI Anda salah satunya dengan menghitungnya menggunakan rumus BMI. Namun dalam hal ini Anda harus tahu secara tepat mengenai berat badan dan tinggi badan Anda. Langkah pertama Anda bisa mengalikan tinggi badan dalam hitungan kuadrat. Setelah Anda mengetahui hasil kuadrat dari tinggi badan Anda maka selanjutnya Anda bisa membagi berat badan Anda dengan hasilkuadrat tinggi badan Anda yang telah Anda hitung sebelumnya. hasilnya nanti bisa disesuaikan dengan tabel kategori berat abdan. Jika hasilnya di bawah 18,5 maka berarti berat badan Anda tergolong masih kurang. Jika hasilnya antara 18,5 hingga 22,9 maka berat badan Anda bisa dibilang normal atau ideal. Namun jika hasil pembagian tersebut antara 23 hingga 29,9 maka berarti berat badan Anda tergolong berlebih dan memiliki kecenderungan untuk mengalami obesitas. Yang terakhir jika hasil perhitungan tersebut menunjukkan hasil 30 ke atas maka berarti Anda tergolong mengalami obesitas. Jadi pencapaian berat badan ideal dalam hal ini jika hasil perhitungan menunjukkan angka di luar 18,5 sampai 22,9 maka Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan Anda.

  1. Menggunakan kalkulator BMI

Menghitung IMT juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan kalkulator BMI. Tentunya perhitungan IMT atau MBI yang dilakukan dengan menggunakan kalkulator BMI ini bisa lebih praktis. Di samping itu cara ini akan lebih memudahkan Anda karena Anda tak perlu menghitung sendiri indeks massa tubuh Anda. Kini Anda bisa mendapatkan kalkulator BMI ini di perangkat Anda baik PC maupun gadget. Sebab kalkulator BMI kini tersedia secara online. Maka Anda hanya tinggal mengaksesnya dan kemudian menggunakannya. Untuk menggunakannya maka Anda harus memasukkan berat badan Anda dan juga tinggi badan Anda. Dengan demikian maka kalkulator BMI secara online akan menghitungkan hasilnya.

Kegunaan Indeks Massa Tubuh

Indeks massa tubuh atau IMT atau yang juga sering disebut dengan istilah BMI mungkin terdengar cukup asing bagi masyarakat awam. Namun tentunya istilah ini bukan lagi menjadi hal yang asing bagi Anda sekalian yang mengetahui dunia kesehatan atau bahkan dunia kecantikan. Sebab hal ini pada dasarnya berhubungan dengan pencapaian berat badan ideal yang umumnya didambakan oleh setiap orang. Secara lebih jauh nantinya dengan mengetahu IMT atau BMI maka Anda bisa selalu waspada akan berat badan Anda yang mengarah kepada berat badan tidak sehat. Sebab dengan melakukan perhitungan IMT maka Anda bisa tahu dengan jelas tubuh Anda tergolong ke dalam kondisi kurang atau normal atau bahkan Anda mungkin tergolong kelebihan berat badan. Salah satunya dengan jalan menggunakan fitur yang tersedia di Klikdokter.com. Selain mudah digunakan juga minim biaya.

Related posts