Menempuh perjalanan jauh bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, seperti bus, pesawat atau kereta. Bagi yang dikejar waktu, pesawat bisa menjadi pilihan terbaik. Tetapi untuk kamu yang ingin hemat budget, maka kereta api bisa menjadi pilihan, baik kelas bisnis, eksekutif atau ekonomi. 

Masing – masing kelas memiliki keunggulan dan perbedaan tersendiri. Namun kali ini lebih membahas tentang naik kereta ekonomi yang nyaman. Seperti yang diketahui kelas ekonomi sekarang sudah banyak berubah dibandingkan dulu yang sesak, banyak pedangan dan bau. Nah, bagi kamu yang naik kereta ekonomi, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap nyaman selama naik kereta ekonomi.

Booking tiket secara online

Untuk melakukan booking tiket kereta api sekarang bisa dilakukan dari situs resmi PT. KAI. Selain itu, pesan kereta ekonomi Surabaya Jakarta di Traveloka juga bisa dilakukan. Bahkan, minimarket dan agen juga bisa kamu pilih untuk booking online. Dikarenakan kereta ekonomi memiliki banyak peminat, maka booking secara online akan lebih memudahkan kamu dibandingkan harus mengantri di loket stasiun. 

Bahkan dengan booking tiket secara online, kamupun bisa lebih leluasa memiliki jam keberangkatan, tempat duduk dan kereta. Bayangkan kalau kamu harus memeriksa segala hal tersebut saat antri di loket. Bisa – bisa kamu dimarahi oleh penumpang lainnya yang mengantri di belakang kamu karena terlalu lama.

Lihat jadwal keberangkatan kereta ekonomi

Booking tiket kereta api secara online sudah dilakukan, maka selanjutnya mencetak tiket di stasiun keberangkatan masing – masing. Perlu diingat bahwa kereta api memiliki jadwal keberangkatan yang tepat, jadi jangan sampai lalai akan waktu.

Setidaknya 45 menit sebelum keberangkatan, petugas akan membukakan pintu masuk menuju peron keberangkatan karena kereta sudah siap dimasuki oleh penumpang. Keuntungan kamu datang tepat waktu adalah bisa leluasa meletakan barang di bagian atas kursi. Pasalnya, kereta ekonomi pasti banyak orang yang membawa barang berlebih. Bahkan jajaran kardus bisa kamu temui. 

Jangan lupa bawa bekal dan bantal tidur

Kursi kelas ekonomi memang berbeda dengan kelas bisnis atau eksekutif. Kebanyakan kursinya berhadapan dengan tekstur yang keras, jadi kurang nyaman saat duduk atau sekedar tiduran sepanjang perjalanan. Namun hal tersebut bisa kamu akali dengan membawa bantal sendiri. Kamu pun juga bisa menyewa bantal yang disediakan oleh petugas kereta dengan harga 5 ribu saja.

Harga makanan di dalam kereta juga relatif lebih mahal dibandingkan makanan dari luar. Untuk lebih menghemat budget, kamu bisa membawa makanan sendiri. Cukup bawa roti saja untuk mengganjal perut dan tidak keroncongan saat perjalanan. Selain itu, untuk menghilangkan rasa bosan, bisa bawa camilan kesukaan.

Selonjorkan kaki saat kursi mulai lengang

Kursi kereta kelas ekonomi dibuat memanjang dan berhadapan. Jika gerbong mulai lenggang, maka kamu bisa pindah tempat duduk untuk sekedar meluruskan kaki saja. Maklum, selama perjalanan dengan waktu lama, pasti badan juga akan merasa pegal dan tidak enak.

Jika memang ada kursi kosong, coba rebahkan punggung kamu di kursi tersebut. Gunakan bantal sebagai sandaran di bagian ujung kursi. Suasana seperti itu, acapkali kamu temukan kok di dalam kereta ekonomi. Terlebih lagi, perjalanan malam hari yang panjang. Gerbong ekonomi sekarang sudah dilengkapi dengan AC yang dingin sehingga akan semakin nyaman.

Jangan cuek dengan penumpang lain

Saat naik kereta kelas ekonomi sebaiknya jangan cuek dengan penumpang di sebelah atau depan. Sapalah mereka dan jangan ragu dianggap orang gila atau sok kenal. Mereka juga melakukan perjalanan yang sama dengan kamu. Jadi tidak ada salahnya menyapa atau sekedar memberikan senyuman kepada mereka.

Setidaknya dengan mencoba bersikap ramah dan tidak cuek, kamu juga bisa lebih mengerti dengan keadaan sekitar. Selain itu, kamu juga bisa menjadi bagian dari suasana kereta ekonomi yang merakyat dan penuh dengan kearifan lokal.

Tak usah malu juga untuk merebahkan badan dan tertidur lelap di kursi kamu. Penumpang lainnya juga senasib dengan kamu. Pasti mereka juga membutuhkan waktu yang sama. Jadi tak ada salahnya saling menciptakan rasa nyaman bersama.