Cara Membersihkan Kompor dengan Benar agar Kompor Awet

  • Whatsapp
Cara Membersihkan Kompor dengan Benar agar Kompor Awet

Kompor merupakan barang rumah tangga yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Untuk menjaga keawetan dan kebersihan kompor, Anda harus merawat kompor dengan baik, salah satunya dengan membersihkannya. Meski terbilang sederhana dan mudah, namun tidak semua orang mengetahui cara membersihkan kompor dengan benar dan tepat.

Seperti yang kita ketahui, bahwa kompor merupakan barang untuk mengolah makanan seperti memasak, mengukus, merebus makanan dan lainnya. Oleh sebab itu, kebersihan kompor harus dijaga dengan baik, untuk menciptakan makanan yang higienis.

Jika Anda tidak bisa merawat dan membersihkan kompor dengan baik, maka akan berakibat api tidak menyala meskipun gas belum habis, api kompor lebih kecil dari biasanya, api merah yang dapat menyebabkan panci menjadi hitam, dan lainnya

Cara Membersihkan Kompor dengan Benar dan Tepat

Semakin sering kompor dibersihkan, maka kompor akan semakin awet. Meskipun begitu, Anda juga harus melakukan servis kompor ketika terjadi masalah pada bagian kompor. Adapun berikut ini merupakan cara membersihkan kompor dengan benar dan tepat, di antaranya yaitu:

  1. Bersihkan Bagian Permukaan Kompor

Bagian permukaan kompor merupakan bagian yang mudah terlihat jika kotor. Biasanya kotoran yang muncul di bagian ini akibat tetesan air, minyak, makanan, ceceran makanan, bahan masakan yang masih mentah, dan lainnya. Untuk membersihkan bagian ini pun cukup mudah, Anda dapat menggunakan lap kering atau basah untuk membersihkannya. Pastikan tidak ada kotoran yang terlewat di sudut tungku atau bagian bawahnya.

  1. Bersihkan Bagian Tungku Kompor

 Tungku kompor merupakan bagian yang menyangga peralatan masak di atas kompor, biasanya tungku memiliki kaki 4 namun ada juga yang berkaki enam. Pasalnya tungku menjadi bagian yang paling cepat kotor, karena bersinggungan dengan api secara langsung. Dimana kondisi tungku semakin lama akan semakin lengket, berminyak dan menghitam.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih tungku kompor gas, caranya yaitu dengan merendam seluruh bagian tungku, lalu tambahkan cairan pembersih tersebut dan diamkan selama 1 jam, lalu gosok menggunakan sabut aluminium. Pastikan noda membandel dalam tungku tersebut dapat hilang maksimal. Agar kompor lebih awet dan bagus, Anda dapat membersihkan bagian tungku kompor gas secara rutin.

  1. Bersihkan Bagian Burner Kompor

Burner merupakan bagian kompor yang berbentuk lingkaran dan dikelilingi dengan lubang kecil di tengah-tengah tungku. Ketika kompor dinyalakan, bagian burner tersebut akan mengeluarkan api.

Cara membersihkan kompor di bagian ini cukup mudah, yaitu dengan melepas burner ketika dingin, cuci burner dengan air hangat dan sedikit sabun ataupun deterjen. Gunakan baking soda yang dicampur air untuk membentuk krim atau pasta untuk membersihkan bagian burner kompor.

Lapisi krim atau pasta tersebut di bagian burner dan biarkan selama 20 menit, sikat burner hingga bersih dan noda hitam menghilang lalu dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.

  1. Bersihkan Bagian Knop Kompor

Pada kompor gas portable dan freestanding knob berada menghadap depan, sedangkan pada kompor tanam knob menghadap atas. Cara membersihkan kompor gas atau pun tanam pada bagian knob yaitu, dengan mengoleskan krim dari baking soda yang dicampur sedikit air, lalu sikat dengan sikat gigi. Setelah itu, bilas knob dengan air bersih, dan keringkan hingga sempurna sebelum dipasang.

  1. Bersihkan Bagian Selang Kompor

Cara membersihkan kompor selanjutnya yaitu dengan membersihkan bagian selang kompor. Jika Anda tidak mempedulikan bagian ini, gas akan rapuh dan tidak terawat hingga menyebabkan kebocoran gas. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus segera mengganti selang gas. Adapun untuk membersihkan bagian selang kompor yaitu dengan lap basah lalu keringkan.

Itulah 5 cara membersihkan kompor dengan benar agar kompor awet. Untuk mendapatkan informasi seputar barang elektronik lainnya berupa review, manfaat, tips, dan lainnya, Anda bisa mengunjungi situs pickybest.id.

Related posts