Bagaimana Machine Learning Digunakan dalam Pemasaran Digital

  • Whatsapp
Machine Learning

Menurut sebuah penelitian, masa depan pemasaran terletak pada cara pemasar digital bekerja bersama alat berbasis machine learning (ML). Tak heran, mengingat artificial intelligence (AI) sudah berperan besar dalam merampingkan proses pemasaran dan menjadikan bisnis lebih efektif. Karena ML & AI sudah lebih umum dalam lanskap pemasaran digital, penting bagi pemasar digital untuk mempelajari cara menerapkan ML ke kampanye pemasaran digital mereka.

 ML telah diterapkan di departemen pemasaran digital di seluruh dunia. Dampaknya melibatkan pemanfaatan data, konten, dan saluran online untuk meningkatkan produktivitas dan membantu pemasar digital memahami audiens target mereka dengan lebih baik. Alat ML dapat menjadi bagian yang memberikan manfaat besar dalam membantu pemasar digital menemukan dan memahami data yang telah diperoleh dengan lebih baik. Dengan melacak tren konsumen dan menghasilkan insights, alat-alat ini memungkinkan perusahaan menghabiskan waktu yang lebih sedikit namun tetap dapat menjangkau lebih banyak prospek dengan konten yang dibuat.

Berikut adalah peran machine learning dalam layanan digital marketing:

  1. Meningkatkan kualitas media

Media adalah bagian yang sangat penting dari media sosial. Kualitas gambar, video, maupun audio dalam konten harus berkualitas agar audiens yang melihat tertarik dengan konten tersebut. Kualitas media dapat ditingkatkan secara otomatis dengan penggunaan ML. Misalnya, Twitter menggunakan machine learning untuk meningkatkan kualitas media yang diunggah penggunanya pada platform tersebut guna meningkatkan pengalaman visual pengguna.

  1. Membantu perusahaan mencapai target audiens

Teknologi machine learning di media sosial memungkinkan mesin untuk memutuskan iklan mana yang akan ditampilkan kepada audiens tertentu. Mereka mengumpulkan data dari pengguna, menganalisisnya, mencari tahu preferensi mereka dan pada akhirnya akan menampilkan iklan yang menarik minat mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam menemukan audiens dan pelanggan baru di seluruh dunia.

  1. Menjaga keamanan data

Machine learning pembantu mesin mendeteksi konten spam dan tautan berbahaya di media sosial yang merupakan ancaman bagi data dan perusahaan.

  1. Menangani dan mengotomatiskan data

Media sosial digunakan oleh jutaan pengguna setiap harinya dan mengumpulkan serta memelihara informasi dari berbagai sumber secara otomatis. Machine learning membantu mengotomatiskan data, mengumpulkan, memelihara, dan memanipulasinya tanpa perlu campur tangan manusia.

Contoh penggunaan ML pada pemasaran digital

Content marketing

Dalam beberapa tahun terakhir, pemasar digital, blogger, dan bisnis dari semua ukuran mulai membuat konten dari semua jenis untuk menarik audiens mereka. Entah itu postingan blog informatif, video testimonial pelanggan, atau rekaman webinar – konten ada di mana-mana secara online.

Pay-per-click campaigns

Dengan menggunakan alat ML, perusahaan dapat meningkatkan kampanye PPC dengan memberikan informasi yang mendukung:

  • Metrik yang dibutuhkan untuk memajukan bisnis
  • Bagaimana membuat keputusan strategis yang lebih baik berdasarkan top performance drivers
  • Atasi kendala yang menghalangi perusahaan mencapai tujuan PPC-nya

Search Engine Optimization (SEO)

SEO masih menjadi pemain utama dalam strategi digital yang menyeluruh. Namun, karena algoritma SEO berubah di seluruh platform pencarian utama, insights konten yang dapat dicari dapat menjadi lebih relevan daripada kata kunci tertentu dalam proses pencarian berkat alat AI dan ML.

Untuk memastikan bahwa situs web dan sumber daya online perusahaan Anda mempertahankan peringkat tinggi pada halaman hasil mesin pencari, Anda harus mempertimbangkan tidak hanya kata kunci tetapi juga kualitas konten Anda. Ini menempatkan Anda di depan dalam persaingan dalam hal pembuatan konten dan SEO.

Manfaatkanlah kekuatan AI dan ML untuk meningkatkan performa perusahaan dan tim pemasaran Anda, dan ciptakan dampak besar yang dapat menghasilkan engagement tinggi serta pengembangan hubungan yang lebih bermakna di masa depan.

Related posts