Pemesanan tiket secara online memberikan kemudahan untuk para calon penumpang yang akan melakukan perjalanan khususnya para pengguna transportasi kereta api. Banyak sekali aplikasi online yang menyediakan pemesanan tiket kereta api. Selain menyediakan pemesanan tiket, beberapa aplikasi online ini juga memberikan metode pembayaran yang beragam dan tentunya mudah alias gak ribet.

Aplikasi Penyedia Pembelian Tiket Secara Online

  • KAI Acces

Untuk kalian yang masih asing dengan aplikasi ini, KAI access adalah aplikasi yang dikembangkan langsung oleh PT Kereta Api Indonesia. Aplikasi ini telah ada sekitar 2 tahun terakhir, dan tiket resmi PT KAI sudah bisa dibeli online disini tentunya. KAI Access bisa dibilang sangat lengkap memberikan fasilitas kepada calon penumpang. 

Halaman depan terdapat tampilan pemesanan kereta mulai dari stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan yang akan kamu pilih, tanggal keberangkatan, kategori penumpang (bayi atau dewasa) dan kelas yang kamu bisa pilih dan tekan tombol “cari” untuk melihat ketersediaan serta harga tiket  pada tanggal keberangkatan yang telah kamu tentukan. Jika pada tanggal itu kamu mendapat harga tiket yang mahal atau kehabisan tiket kereta kamu bisa melihat jadwal pada tanggal selanjutnya, yang mungkin harganya lebih murah atau tiket yang tersedia cukup banyak.

Fasilitas lain yang ada di KAI Access adalah kamu bisa memilih tempat duduk sesuai yang kamu inginkan, jika barang bawaanmu banyak dan stasiun tujuanmu sebelum pemberhentian stasiun akhir, disarankan untuk memilih tempat duduk jangan di dekat jendela kereta, karena mungkin akan membuat tidak nyaman penumpang sebelahmu. Selain pemesanan, KAI Access juga menyediakan pembatalan tiket melalui aplikasi.

  • Traveloka 

Aplikasi online satu ini konsen pada penyedia tiket untuk perjalanan dihampir semua transportasi mulai dari pesawat terbang dan kereta api. Tiket resmi PT KAI sudah bisa dibeli online disini, dan kamu juga bisa mendapatkan tiket dengan harga promo yang bisa menekan biaya pengeluaran. Jika kamu sering melakukan perjalanan menggunakan kereta api, sering cek promo spesial di Traveloka sebelum membeli tiket. Selain dalam bentuk aplikasi, Traveloka juga bisa kamu akses melalui website.

  • Tiket.com

Tiket.com merupakan aplikasi mobile yang fokus dalam penyedia layanan booking tiket, mulai dari tiket bioskop ataupun konser, hotel, tiket kereta api, serta tiket pesawat terbang. Tidak berbeda jauh dengan Traveloka, tiket.com juga sering mengadakan promosi utamanya pada momen libur hari raya dan libur akhir tahun.

Metode Pembayaran Pemesanan Tiket Kereta Api

Selain praktis dalam proses pemesanan, pembelian tiket online juga memberikan kepraktisan dalam proses pembayaran. Terdapat berbagai opsi pembayaran yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tiket kereta kamu, diantaranya:

  • Pembayaran melalui mobile banking 

Metode pembayaran yang pertama  dan umum dipilih adalah melalui mobile banking. Setiap bank memiliki langkah-langkah atau cara yang berbeda dalam proses pembayaran, sebelum itu kamu bisa membaca cara pembayaran agar tidak terjadi kesalahan. Untuk Tokopedia dan Shopee biasanya untuk mobile banking menggunakan metode briva (khusus untuk bank BRI yaitu BRI Virtual Account). 

Durasi dalam penyelesaian pembayaran di setiap aplikasi juga berbeda, untuk KAI Access memiliki durasi selama satu jam, setelah satu jam dan kamu juga belum melakukan pembayaran maka tiket yang telah kamu pesan akan hangus secara otomatis dan kamu harus mengulang untuk melakukan pemesanan, sedangkan untuk Tokopedia dan Shopee bisa memiliki durasi pembayaran mencapai 24 jam.

  • Melalui toko retail

Jika kamu sedang tidak bisa melakukan pembayaran melalui mobile banking kamu bisa memilih melakukan pembayaran di mini market terdekat seperti Indomaret, Alfamart, atau Alfamidi. Kamu cukup memberikan kode pembayaran kepada kasir yang bertugas dan akan diproses pembayarannya. Untuk kamu ketahui selain melakukan pembayaran kamu juga bisa melakukan pemesanan  tiket kereta api melalui toko retail.

  • Melalui Dompet digital

Jika kamu mempunyai akun dompet digital seperti Dana, Kredivo, atau Linkaja, cukup mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan pastikan isi saldo kamu cukup untuk melakukan pembayaran.