Apa Itu PA dan DA Serta Cara Meningkatkannya

  • Whatsapp

Ada banyak cara untuk mengevaluasi kinerja dan kekuatan dari sebuah website, salah satu caranya adalah dengan melihat metrik tertentu. Di antara banyak metrik, page authority menjadi metrik yang cocok untuk mengevaluasi seberapa kuat halaman spesifik atau khusus dari sebuah website.

Page authority, atau disingkat PA, juga dapat disebut sebagai nilai reputasi. Sebuah halaman dengan PA tinggi umumnya mendapatkan posisi yang tinggi pula di SERP. Tinggi rendahnya PA sebuah halaman website dapat ditentukan oleh beberapa faktor. Itu artinya ada cara meningkatkan page authority yang bisa webmaster lakukan.

Page authority adalah sebuah skor yang menunjukkan reputasi atau kualitas dari sebuah halaman khusus di dalam website. Page authority, bersama dengan domain authority (DA), merupakan metrik atau skor yang dikeluarkan oleh Moz, sebuah perusahaan SEO yang berbasis di Amerika Serikat.

Nilai PA memiliki rentang dari 1 hingga 100. PA setiap halaman website dapat bervariasi, tergantung optimasi yang dilakukan pada halaman tersebut. Optimasi ini bisa berupa SEO On Page dan/atau SEO Off Page. Kamu juga bisa dengan memakai sebuah jasa menaikkan DA PA 50 agar Web atau juga blog kamu semakin berkembang,

Cara Meningkatkan Page PA dan DA

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, semakin tinggi PA sebuah halaman maka akan semakin baik posisinya di SERP. Tapi perlu diingat bahwa PA merupakan metrik pihak ketiga yang bukan produk dari Google. Jadi, ada kalanya halaman PA tinggi bisa dikalahkan oleh PA yang lebih rendah merujuk pada banyaknya faktor ranking SERP tersebut.

Hanya saja, jika PA halaman website Anda tinggi, tentu itu sudah sebuah nilai tambah, bukan? Anda tinggal meningkatkan atau mengoptimasi bagian lainnya seperti kecepatan loading dan sebagainya. Nah, berikut beberapa cara meningkatkan page authority dari halaman website Anda.

Buat Konten yang Menarik dan Berguna

Halaman yang memiliki otoritas yang baik tentu saja adalah halaman yang berisi konten yang baik pula. Konten yang baik mencakup seberapa menarik konten tersebut dan seberapa berguna bagi pembaca. Oleh karena itu, menyiapkan konten yang berkualitas adalah syarat utama jika Anda ingin page authority halaman menjadi tinggi. Perhatikan jumlah kata, penggunaan headings dan sebagainya.

Optimasi Halaman dengan Link

Link atau tautan bisa disebut sebagai elemen atau komoditas yang krusial dalam sebuah website. Tinggi rendahnya PA sebuah halaman sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak link yang menuju halaman tersebut. Oleh karena itu, agar PA halaman menjadi tinggi, optimasi halaman dengan menambahkan internal link dan external link.

Internal link berarti tautan internal dari satu halaman ke halaman lain dalam satu website, sedangkan external link berarti tautan dari website lain ke halaman yang Anda optimasi.

Dapatkan Tautan dari Halaman PA Tinggi

Anda juga perlu mencari tahu halaman mana di dalam website Anda yang sudah mendapatkan PA tinggi. Anda bisa menggunakan layanan Moz untuk memeriksa halaman mana saja yang sudah memiliki PA bagus. Setelah itu, sunting halaman tersebut yang memiliki PA tinggi dan sematkan tautan ke halaman baru Anda.

Related posts