Air Putih Saja Tak Cukup Redakan Sakit Tenggorokan Dapatkan Obatnya di Toko SehatQ

  • Whatsapp
Sakit Tenggorokan

Air putih mengandung mineral yang tak tergantikan oleh makanan apapun. Maka dari itu air menjadi sangat penting untuk orang-orang yang menderita sakit demam, terutama radang tenggorokan. Tetapi perubahan iklim dan penyebab sakit tenggorokan beragam, air putih rasanya tak cukup untuk jadi obat yang mujarab.

Laringitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi laring (kotak suara), yang dapat mempengaruhi suara dan fungsi suara Anda. Saat kotak suara berfungsi normal, pita suara memiliki gerakan yang mulus saat membuka dan menutup. Gerakan-gerakan ini membentuk suara yang berbeda berdasarkan getaran dan gerakan pita suara.

Di sisi lain, laringitis mengubah cara fungsi pita suara. Iritasi atau peradangan pada pita suara menyebabkan pembengkakan, yang menyebabkan distorsi pada suara yang melewatinya. Hasilnya adalah suara serak pada suara Anda dengan kasus laringitis parah yang menyebabkan kehilangan suara.

Gejala Paling Umum

Biasanya, terbukti bahwa Anda menderita radang tenggorokan karena perubahan suara Anda. Gejala umum laringitis meliputi:

  • Kehilangan suara
  • Suara lemah
  • suara serak
  • Tenggorokan kering
  • Sakit tenggorokan
  • Batuk kering
  • Kekakuan di tenggorokan
  • Tenggorokan seperti tergelitik

Penyebab yang mendasari laringitis perlu diidentifikasi, dan itu bervariasi tergantung pada kondisi akut dan kronis. Laringitis akut biasanya disebabkan oleh:

  • Infeksi virus, seperti flu biasa
  • Infeksi bakteri, penyebab yang kurang umum
  • Ketegangan vokal, seperti terlalu sering menggunakan suara atau berteriak
  • Misalnya, Anda mungkin kehilangan suara selama beberapa hari setelah berteriak keras di acara olahraga atau bernyanyi di konser. Atau, pilek biasa mempengaruhi tenggorokan dan mengubah suara.

Mengobati laringitis dan mencegahnya

Cara Anda merawat tenggorokan setiap hari dapat memengaruhi risiko laringitis sekarang dan di masa depan. Meminimalkan paparan asap rokok, asam lambung, dan bahan kimia di tempat kerja membantu melindungi pita suara dan tenggorokan dari peradangan kronis.

Juga, perhatikan seberapa sering Anda menggunakan suara Anda. Jika Anda perlu sering menggunakan suara Anda untuk bernyanyi atau berbicara, sebaiknya proaktif memberi waktu pada pita suara Anda untuk beristirahat. Saat gejalanya semakin parah, hindari berbicara keras, berteriak, atau bernyanyi.

Cara terbaik untuk mengistirahatkan pita suara adalah dengan tidak berbicara sama sekali. Jika pita suara meradang, bahkan berbisik pun dapat mengiritasi dan memperburuk gejalanya.

Pengobatan rumah umum lainnya untuk radang tenggorokan termasuk menggunakan pelembab udara, minum banyak cairan, atau menghisap pelega tenggorokan untuk melembabkan jaringan tenggorokan. Berhati-hatilah untuk menghindari apa pun yang dapat mengeringkan tenggorokan, seperti obat dekongestan.

Bicaralah dengan THT tentang penyebab yang mendasari laringitis, dan kemudian Anda dapat mengidentifikasi rencana perawatan. Misalnya, jika suara serak Anda ditentukan oleh refluks asam, maka mengubah pola makan Anda mungkin merupakan cara untuk mengurangi risiko laringitis. Menghindari makanan pedas dan menggunakan obat asam lambung bisa menjadi solusi untuk melindungi kotak suara Anda.

Mengobati laringitis atau radang tenggorokan mungkin perlu resep dokter, tetapi jika gejalanya ringan Anda bisa mengkonsumsi degirol, menggunakan obat kumur, dan mengurangi makanan dengan cita rasa tajam. Jika Anda baru saja pulang dari klinik/ rumah sakit dan tidak tahan untuk beristirahat sebaiknya pulang ke rumah dan mengupload obat resep Anda. Hanya dengan genggaman ponsel Anda bisa membeli obat pereda radang tenggorokan dan juga menebus resep dari dokter. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Membeli obat non-resep untuk sakit tenggorokan dari rumah:

Install aplikasi SehatQ.

  1. Login atau sign up (jika Anda belum memiliki akun), kemudian pilih halaman utama.
  2. Cari kategori obat, atau langsung cari produk obat yang biasa Anda beli untuk meredakan radang tenggorokan. Misalnya ‘degirol’ atau ‘betadine obat kumur’.
  3. Input obat yang Anda pilih ke dalam keranjang dan lakukan pembayaran. Anda bisa membayar dengan saldo go-pay, kartu debit, kartu kredit, atau transfer bank.
  4. Tunggu hingga produk sampai ke rumah.

Membeli obat resep untuk sakit tenggorokan dari rumah:

  1. Login atau sign up (jika Anda belum memiliki akun), kemudian pilih halaman utama.
  2. Cari kategori Toko SehatQ, kemudian upload resep dokter.
  3. Kemudian sistem akan meminta Anda untuk menginput gambar resep dokter.
  4. Jika sudah berhasil menganalisis obat yang harus Anda konsumsi, aplikasi akan meminta tagihan pembayaran obat.
  5. Anda bisa membayar dengan saldo go-pay, kartu debit, kartu kredit, atau transfer bank.
  6. Tunggu hingga produk sampai ke rumah.

Related posts